Senin, 26 September 2011

KONSEP JARINGAN KOMPUTER


Sebuah jaringan komputer paling sedikit terdiri dari dua komputer yang saling terhubung dengan sebuah media sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi resaource dan saling berkomunikasi. Pada umumnya sebuah network biasanya terdiri dari banyak komputer. definisi dari jaringan adalah Kumpulan komputer dan pheriperal (printer, ploter, scanner, modem dll) yg terhubung satu dengan lainnya melalui media komunikasi baik kabel atau tanpa kabel sehingga dapat berkomunikasi.




Jaringan komputer muncul dari adanya kebutuhan untuk berbagi data di antara para pengguna. Komputer memiliki kemampuan dalam memproduksi beberapa jenis informasi yang berupa data, spreadsheet atau grafik. Tanpa sebuah network, dokumen dapat dibagi kepada user lain dengan memberikan file dokumen yang disimpan ke disket. Isi diskte tersebut kemudian disalin ke harddisk kmputer lain. Ketika user lain melakukan perubahan terhadap data tersebut, hasil perubahan tidak dapat digabungkan. Skenario di atas lebih dikenal dengan dengan istilah stand alone. Antar PC belum saling terhubung dan belum dapat saling berkomunikasi resource.
Client-Server
- Microsoft Windows 98
- Microsoft Windows Milenium Edition
- Microsoft Windows 2000 Profesional
- Microsoft Windows XP Home Edition
- Microsoft Windows XP Profesional

Selain yang dirilis oleh Microsoft , ada sistem operasi jaringan yang dikenal seperti Sco Unix, Novell Netware, FreeBSD, Linux, OS/2 Warp, dan JavaOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar